Ikan gurami sangat potensial dibudidayakan di Indonesai.
Sebagai ikan konsumsi banyak faktor yang menjadikan prospek budidaya gurami menjadi sangat menjanjikan.
Faktor pendukung tersebut di antaranya adalah lahan untuk budidaya gurami masih sangat banyak tersedia, benih dan pakannya mudah didapat, serta data tentang cara budidaya cukup memadahi.
Selain itu, harga jual dan permintaan pasar gurami relatif stabil dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.
Selain di pasar dalam negeri, prospek bisnis ikan gurami juga berpotensi dipasarkan ke luar negeri. Selama ini, untuk memenuhi permintaan kebutuhan di dalam negeri.
Prospek Bisnis Ikan Gurami
Masyarakat Indonesia sudah sangat lama mengenal gurami. Rasa dagingnya yang gurih dan lezat sangat digemari semua orang.
Gurami termasuk salah satu dari 12 komoditas untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Selain itu, gurami juga termasuk dari 15 komoditas ikan yang ditujukan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani.
Di berbagai daerah, gurami bahkan menjadi salah satu komoditas unggulan petani.
Gurami memang memiliki prospek menjanjikan untuk dibudidayakan, baik dalam skala kecil maupun besar.
Beberapa faktor pendukung budidaya ikan gurami adalah sebagai berikut:
1. Harga jual gurami lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya, sehingga secara ekonomis lebih menguntungkan.
2. Permintaan pasar terhadap gurami cukup tinggi dan masih belum terpenuhi, sehingga peluang pasar masih terbuka lebar.
3. Lahan budidaya masih tersedia luas, dapat berupa kolam semen, empang, ataupun waduk. Petani gurami di Jawa Barat lebih banyak menggunakan empang dan waduk. Waduk Saguling, Jatuluhur, dan Cirata, sangat potensial utnuk memelihara gurami.
4. Data dan informasi tentang teknik budidaya gurami cukup memadahi.
5. Pakan untuk usaha pembenihan ataupun pembesaran gurami tersedia sepanjang waktu.
6. Benih gurami banyak dihasilkan oleh pemerintah melalui Balai Benih Induk (BBI) dan pembudidaya khusus menjual benih.
7. Pengangkutan hasil panen gurami tergolong mudah, tetapi harus ditangani secara hati - hati.
Baca juga yuk,.
Cara Sukse Pembenihan Ikan Gurami di Kolam Terpal
Umpan Ikan Gurame Liar, Kolam Harian dan Malam Hari
Prospek Bisnis Ikan Gurami - Permintaan Tinggi
Salah satu daerah yang membutuhkan permintaan ikan gurami paling tinggi adalah Jakarta.
Saat ini, pasar di jakarta diperkirakan menyerap gurami konsumsi sebanyak 10 - 15 ton/hari.
Unutuk memenuhi pasar gurami di Jakarta, para pemasok biasanya berburu ke Parung, Subang, Indramayu, Purwokerto, Tulungagung, dan Kediri.
Namun, sejumlah pasokan tersebut sebenarnya belum memenuhi kebutuhan seluruhnya.
Lampung adalah daerah selain Jakarta yang juga memiliki permintaan gurami juga tinggi. Petani setempat belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
Selain untuk memenuhi pasar lokal, ikan gurami juga berpotensi menembus pasar ekspor.
Pasar manca negara yang masih terbuka lebar diantaranya Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.
Gurami untuk ekspor harus memenuhi standar yang telah ditentukan oleh badan Standarisasi Nasional.
Prospek Bisnis Ikan Gurami - Produksi Masih Berkurang
Saat ini tercatat ada lima wilayah penghasil gurami tersebar di Indonesia, yakni Jawa Barat (34,04%), Jata Tengah (18,67%), Sumatera Barat (15,44%), Jawa Timur (14,98%), dan Nusa Tenggara Barat (2,7%).
Salah satu sentra gurami di Jawa Barat adalah daerah Parung, Bogor. Setiap bulannya, petani gurami di daerah itu mampu memasok gurami konsumsi untuk daerah Jabodetabek dan Banten sebanyak 2 - 3 ton.
Namun, akhir - akhir ini produksi menurun akibat penurunan lahan produksi yang semakin sempit sehingga hanya menjadi 1 ton/bulan.
Berikut ini beberapa faktor yang menjadikan ikan gurami memiliki harga relatif tinggi.
1. Jumlah peternak yang mengusahakan gurami memang masih sedikit. para peternak lebih suka membudidayakan ikan mas dan lele, terutama lele dumbo.
2. Pertumbuhan gurami memang tidak secepat ikan mas dan lele. karena itu, panennya pun lebih lama.
3. Secara alami, pertumbuhan ikan gurami memang lebih lambat. selain karena kantong makannya yang lebih kecil, ikan ini tergolong herbivora yang hanya makan protein nabati. hal ini berbeda dengan jenis ikan konsumsi lainnya yang memakan protein hewani atau karnivora.
Namun,
anggapan bahwa gurami tidak dapat segera di panen sebenarnya perlu di
luruskan. Dengan teknik-teknik tertentu, gurami dapat di pacu
pertumbuhannya. Salah satunya dengan pemberian pakan yang intensif.
Pada kenyataannya di lapangan. gurami memang lebih banyak di pelihara secara tradisional. pakan yang di berikan umumnya hanya seadanya, misalnya daun singkong dan daun sente.
Meskipun daun-daunan tersebut sangat di sukai gurami, kandungan proteinnya sangat sedikit. padahal, pertumbuhan gurami sangat di pengaruhi oleh asupan protein.
Selain itu, gurami di pelihara umumnya hanya di jadikan sebagai tabungan, yang akan di jual ketika membutuhkan uang.
Masih sedikit masyarakat yang memelihara gurami secara intensif dan menjadikannya sebagai usaha pokok yang memberikan keuntungan besar.
Namun, ada beberapa petani melek ilmu yang tidak mau menunggu-nunggu kapan tabungan ditebok atau dipecah.
Mereka berupaya sekuat tenaga untuk membudidayakan gurami lebih intensif dan segera memberikan keuntungan besar.
Kalau sudah di panen, petani tidak usah repot-repot mencari pembeli, karena mereka datang dengan sendirinya.
Persoalan lain yang masih sering di hadapi dalam budi daya gurami adalah masih terbatasnya sumber daya manusia.
Akibatnya, tinggkat mortalitas gurami, terutama pada masa pembenihan, cukup tinggi. Petani harus banyak mempelajari sifat dan karakter gurami peliharaannya.
Prospek Bisnis Ikan Gurami - Harga Stabil
Harga ikan gurami dari tahun ke tahun tetap stabil, bahkan menunjukkan kanaikan yang berarti.
Harga gurami yang relatif tinggi ini terutama disebabkan oleh permintaan pasar tinggi, sedangkan produksi masih rendah.
Celah pasar itulah yang membuat harga gurami konsumsi bertahan di angka Rp. 20.000 - 25.000,- perkilogram sejak tahun 2000.
Harga gurami di tingkat petani parung, Bogor Rp. 20.000/kg. Sementara itu harga ikan gurami di Jawa Tengah dan Jawa Timur Rp. 17.000 - 18.000/kg.
Harga itu oleh berbagai pengamat gurami diperkirakan bertahan hingga 2 - 3 tahun ke dapan.
Harga ikan gurami di pasar umum (bukan di petani) bervariasi dan fluktual, tetapi tidak begitu kentara perbedaannya.
Prospek Bisnis Ikan Gurami dapat dibagi menjadi 4 segmen usaha, diantaranya pembenihan, pendederan, pembesaran, dan distribusi atau pemasaran.
Pembagian segmen usaha ini akan memacu para investor untuk menanamkan modalnya.
Artinya, mereka tidak perlu khawatir tentang lamanya pengembalian modal akibat pertumbuhan gurami yang cenderung lambat.
Mereka dapat memilih salah satu dari segmen usaha yang dianggap menguntungkan.
Berikut ini beberapa segmen usaha budidaya ikan gurami yang dapat Anda pilih:
1. Prospek Bisnis Ikan Gurami - Pembenihan
Usaha pembenihan meliputi kegiatan pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur, dan perawatan larva sampai berukuran sebiji oyong.
Larva berumur 12 - 30 hari ini selanjutnya ditawar sampai bobotnya mencapai 10 - 15 g/ekor (umur 4 bulan).
Benih sebesar ini siap untuk didederkan. Namun, ada juga pembenih yang menjual telur untuk diteteskan.
2. Pendederan
Kegiatan pendederan meliputi pemeliharaan benih berukuran 10 - 15 g/ekor sampai ukuran 150 g/ekor.
Bobot gurami sebesar ini biasanya dicapai saat benih berumur 6 bulan dari penetasan telur.
Ada pendederan yang dimulai dari ukuran yang lebih besar, yakni 11 - 30 g/ekor. tetapi ada juga yang mendederkan benih gurami dari larva atau ketika seukuran biji oyong.
3. Pembesaran
Kegiatan pembesaran merupakan lanjutan dari pendederan. Benih dari pendederan akan dibesarkan hingga mencapai ukuran konsumsi dengan bobot rata - rata 500 g/ekor.
Namun, penentuan ukuran panen pembesaran gurami juga disesuaikan dengan permintaan konsumen.
Pasalnya ada juga konsumen yang meminta gurami ukuran di atas 1 kg/ekor.
4. Prospek Bisnis Ikan Gurami - Pemasaran
Kegiatan pemasaran gurami meliputi kegiatan pendistribusian gasil panen gurami, mulai dari telur, larva, benih, hingga gurami yang siap dikonsumsi.
Telur ikan gurami biasanya dijual bersama sarangnya ke petani lain yang lokasinya tidak berjauhan.
Begitu juga dengan larva yang biasanya hanya dijual ke sesama petani setempat. Sementara itu, benih yang siap dibesarkan dapat dijual langsung ke pasar.
Ada juga pengepul yang datang langsung ke lokasi pembesaran untuk mengambil hasil panen dan mendistribusikannya ke daerah lain.
Baca ya..Menarik lho.!!
Ikan Fasciata (Giant Gourami) Ikan Hias Terbesar dari Kelompoknya
Ikan Air Tawar yang Biasa Dijual di Pasar
Dari hasil rangkuman prospek bisnis ikan gurami di atas, diharapkan sobat semua memiliki minat untuk selalu memperkembangkan segala usaha budidaya ikan konsumsi khususnya ikan gurami ini.
Pada kenyataannya di lapangan. gurami memang lebih banyak di pelihara secara tradisional. pakan yang di berikan umumnya hanya seadanya, misalnya daun singkong dan daun sente.
Meskipun daun-daunan tersebut sangat di sukai gurami, kandungan proteinnya sangat sedikit. padahal, pertumbuhan gurami sangat di pengaruhi oleh asupan protein.
Selain itu, gurami di pelihara umumnya hanya di jadikan sebagai tabungan, yang akan di jual ketika membutuhkan uang.
Masih sedikit masyarakat yang memelihara gurami secara intensif dan menjadikannya sebagai usaha pokok yang memberikan keuntungan besar.
Namun, ada beberapa petani melek ilmu yang tidak mau menunggu-nunggu kapan tabungan ditebok atau dipecah.
Mereka berupaya sekuat tenaga untuk membudidayakan gurami lebih intensif dan segera memberikan keuntungan besar.
Kalau sudah di panen, petani tidak usah repot-repot mencari pembeli, karena mereka datang dengan sendirinya.
Persoalan lain yang masih sering di hadapi dalam budi daya gurami adalah masih terbatasnya sumber daya manusia.
Akibatnya, tinggkat mortalitas gurami, terutama pada masa pembenihan, cukup tinggi. Petani harus banyak mempelajari sifat dan karakter gurami peliharaannya.
Prospek Bisnis Ikan Gurami - Harga Stabil
Harga ikan gurami dari tahun ke tahun tetap stabil, bahkan menunjukkan kanaikan yang berarti.
Harga gurami yang relatif tinggi ini terutama disebabkan oleh permintaan pasar tinggi, sedangkan produksi masih rendah.
Celah pasar itulah yang membuat harga gurami konsumsi bertahan di angka Rp. 20.000 - 25.000,- perkilogram sejak tahun 2000.
Harga gurami di tingkat petani parung, Bogor Rp. 20.000/kg. Sementara itu harga ikan gurami di Jawa Tengah dan Jawa Timur Rp. 17.000 - 18.000/kg.
Harga itu oleh berbagai pengamat gurami diperkirakan bertahan hingga 2 - 3 tahun ke dapan.
Harga ikan gurami di pasar umum (bukan di petani) bervariasi dan fluktual, tetapi tidak begitu kentara perbedaannya.
Segmen Usaha Budidaya Ikan Gurami
Prospek Bisnis Ikan Gurami dapat dibagi menjadi 4 segmen usaha, diantaranya pembenihan, pendederan, pembesaran, dan distribusi atau pemasaran.
Pembagian segmen usaha ini akan memacu para investor untuk menanamkan modalnya.
Artinya, mereka tidak perlu khawatir tentang lamanya pengembalian modal akibat pertumbuhan gurami yang cenderung lambat.
Mereka dapat memilih salah satu dari segmen usaha yang dianggap menguntungkan.
Berikut ini beberapa segmen usaha budidaya ikan gurami yang dapat Anda pilih:
1. Prospek Bisnis Ikan Gurami - Pembenihan
Usaha pembenihan meliputi kegiatan pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur, dan perawatan larva sampai berukuran sebiji oyong.
Larva berumur 12 - 30 hari ini selanjutnya ditawar sampai bobotnya mencapai 10 - 15 g/ekor (umur 4 bulan).
Benih sebesar ini siap untuk didederkan. Namun, ada juga pembenih yang menjual telur untuk diteteskan.
2. Pendederan
Kegiatan pendederan meliputi pemeliharaan benih berukuran 10 - 15 g/ekor sampai ukuran 150 g/ekor.
Bobot gurami sebesar ini biasanya dicapai saat benih berumur 6 bulan dari penetasan telur.
Ada pendederan yang dimulai dari ukuran yang lebih besar, yakni 11 - 30 g/ekor. tetapi ada juga yang mendederkan benih gurami dari larva atau ketika seukuran biji oyong.
3. Pembesaran
Kegiatan pembesaran merupakan lanjutan dari pendederan. Benih dari pendederan akan dibesarkan hingga mencapai ukuran konsumsi dengan bobot rata - rata 500 g/ekor.
Namun, penentuan ukuran panen pembesaran gurami juga disesuaikan dengan permintaan konsumen.
Pasalnya ada juga konsumen yang meminta gurami ukuran di atas 1 kg/ekor.
4. Prospek Bisnis Ikan Gurami - Pemasaran
Kegiatan pemasaran gurami meliputi kegiatan pendistribusian gasil panen gurami, mulai dari telur, larva, benih, hingga gurami yang siap dikonsumsi.
Telur ikan gurami biasanya dijual bersama sarangnya ke petani lain yang lokasinya tidak berjauhan.
Begitu juga dengan larva yang biasanya hanya dijual ke sesama petani setempat. Sementara itu, benih yang siap dibesarkan dapat dijual langsung ke pasar.
Ada juga pengepul yang datang langsung ke lokasi pembesaran untuk mengambil hasil panen dan mendistribusikannya ke daerah lain.
Baca ya..Menarik lho.!!
Ikan Fasciata (Giant Gourami) Ikan Hias Terbesar dari Kelompoknya
Ikan Air Tawar yang Biasa Dijual di Pasar
Dari hasil rangkuman prospek bisnis ikan gurami di atas, diharapkan sobat semua memiliki minat untuk selalu memperkembangkan segala usaha budidaya ikan konsumsi khususnya ikan gurami ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar